Jadwal Pelaksanaan PLPG Sertifikasi Guru 2013


Jadwal Pelaksanaan PLPG Sertifikasi Guru 2013 - Informasi untuk sahabat Pusat informasi, bahwa Proses seleksi peserta Sertifikasi Guru tahun 2013 telah diumumkan secara resmi hasilnya di website Informasi Sertifikasi Guru. Perlu diketahui, bahwa salah satu pola Sertifikasi Guru 2013 adalah melalui jalur Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Pendidikan dan Latihan Profesi Guru atau sering disingkat dengan PLPG 2013 rencananya dijadwalkan akan dimulai pada bulan Agustus 2013 ini. Jadwal PLPG 2013 masing-masing Kabupaten/Kota berbeda-beda sesuai jadwal yang ditetapkan oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Pendidikan (LPTK) yang ada di rayonnya.

Bagi guru yang akan mengikuti PLPG 2013, setidaknya harus memenuhi tiga syarat supaya bisa masuk menjadi peserta Sertifikasi Guru 2013 melalui jalur PLPG, yaitu; 
  1. Usia guru di bawah 60 tahun, 
  2. Sudah menjadi guru pada saat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, dan 
  3. Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV). Kuota Sertifikasi Guru 2013 sekitar 350 ribu peserta, mereka akan mengikuti PLPG kurang lebih selama 90 jam atau 9 hari.

Bahwa sebelum dilakukan penentuan peserta Sertifikasi Guru 2013 akan digelar Uji Kompetensi Guru (UKG) bagi guru yang belum memiliki sertifikat pendidik, tetapi hasil nilai UKG ini tidak berpengaruh pada penetapan peserta Sertifikasi Guru 2013. Peserta UKG 2013 pun juga tidak bisa melihat nilai dari ujian yang telah dilaksanakan secara online serentak di seluruh Indonesia pada bulan Juni 2013.

Program Sertifikasi Guru melalui jalur PLPG sendiri akan berakhir pada tahun 2015. Selain melalui jalur PLPG, untuk mendapatkan sertifikat pendidik juga dapat melalui Pendidikan Pelatihan Guru (PPG). PPG dilaksanakan selama 2 semester di universitas yang menyelenggarakan program PPG. Bagi guru yang sudah sertifikasi berhak mendapatkan Tunjangan Profesi Pendidik (TPP) sebesar satu kali gaji pokok untuk guru PNS dan Rp. 1,5 juta untuk guru Non PNS.