Contoh Raport Sekolah Dasar Kurikulum 2013

Assalamu'alaikum Sahabat Pusat Informasi tercinta, Alhamdulillah kita masih diberi kesehatan kelancaran oleh Allah SWT dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Pada kesempatan kali ini kami akan menyampaikan mengenai Raport Sekolah Dasar Kurikulum 2013.
Kurikulum 2012 sudah dimulai diimplementasikan pada sekolah terpilih mulai tahun ajaran 2013/2014 yang dimulai Juli yang lalu. Terjadi banyak perubahan, khususnya untuk jenjang Sekolah Dasar (SD). Salah satu perubahan Kurikulum 2013 yang menggunakan model pembelajaran tematik integratif ini adalah model raport atau laporan hasil belajar.

Terdapat tiga komponen penilaian hasil belajar siswa yang ditampilkan di raport Kurikulum 2013. Tiga komponen penilain itu adalah pengetahuan, ketrampilan, sikap, dengan rincian aspek penilaian masing-masing komponen sebagai berikut:

1. Aspek Pengetahuan
Meningat dan memahami pengetahuan faktual dan konseptual berdasarkan rasa ingin tahu tentang; dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, benda-benda lain di sekitarnya.

2. Aspek Ketrampilan
Menyajikan kemampuan mengamati, menanya, dan mencoba dalam hal; bahasa yang jelas, logis dan sistematis, karya yang estetis, gerakan anak sehat, tindakan anak beriman dan berakhlak mulia.

3. Aspek Sikap
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
Menunjukkan perilaku jujur, disipilin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air

Masing-masing aspek di atas dinilai guru dalam bentuk kalimat positif, yaitu tentang apa yang menonjol dari kemampuan siswa serta usaha apa untuk pengembangan sehingga kompetensi yang telah ditetapkan dapat tercapai. [Lihat file PDF Raport Sekolah Dasar Kurikulum 2013 di sini]
sumber : sekolahdasar.net