Pengumuman Kelulusan Mendahului Jadwal Yang Ditentukan?


Sesuai Jadwal yang ditentukan, seharusnya pengumuma kelulusan SD/MI diumumkan 8 Juni 2013 mendatang, Namun demikian berbeda dengan Daerah Istimewa Yogyakarta, seluruh SD/MI di daerah tersebut mengumumkan hasil kelulusan Ujian Nasional (UN) SD/MI secara serentak hari ini, Sabtu, 1 Juni 2013. Pengumuman kelulusan UN SD/MI tahun pelajaran 2012/2013 di Yogyakarta ini lebih awal dari jadwal yang ditargetkan. 

Yogyakarta Umumkan Kelulusan UN SD Lebih Awal

Dijadwalkan hasil UN dikirimkan dari penyelenggara UN tingkat propinsi ke kabupaten/kota paling lambat 3 Juni kemudian diumumkan ke peserta didik oleh sekolah paling lambat 8 juni 2013.

Dari hasil yang diketahui, Rata-rata nilai total UN SD/MI di DIY adalah 23,26. Untuk rata-rata total Nilai Akhir jenjang SD/MI, Kota Yogyakarta meraih nilai terbaik, yaitu 23,62. Adapun untuk total nilai rata-rata terbaik Ujian Nasional, yaitu 23,41 diraih oleh Kabupaten Kulon Progo.

"Kalau dilihat dari hasil Ujian Nasional, Kabupaten Kulon Progo memperoleh total nilai rata-rata terbaik di DIY yaitu 23,41." kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY, Baskara Aji (31/05/2013).

Pada UN tingkat SD/MI mengujikan tiga mata pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Berbeda dengan tingkat SMP dan SMA, soal UN SD/MI 2013 hanya satu variasi soal dan dibuat oleh daerah. Nilai akhir diperoleh dari nilai ujian sekolah, nilai rata-rata rapor, dan nilai UN.