Mekanisme Pembayaran Tunjangan Profesi Guru 2013

kali ini kami akan menginformasikan mengenai mekanisme/ tata cara/ aturan penyaluran dana tunjangan profesi melalui mekanisme dana transfer daerah tahun 2013 memiliki beberapa alur. Pusat Pengembangan Profesi Pendidik, Badan PSDMP dan PMP menyerahkan data kelulusan dan NRG tahun 2012 ke Direktorat P2TK terkait. Dalam satu tahun Surat Keputusan Tunjangan Profesi (SKTP) hanya diterbitkan satu kali bagi calon penerima tunjangan profesi yang sudah memenuhi syarat.
  1. Guru yang menerima tunjangan profesi harus memiliki beban mengajar minimal 24 jam tatap muka (JTM) per minggu, dengan dibuktikan dengan dengan surat resmi atau surat keterangan dari pihak yang berwenang Instansi terkait dengan Guru tersebut. 
  2. Dinas Pendidikan kabupaten/kota dan dinas pendidikan provinsi harus melaporkan tentang realisasi pembayaran kepada:
  • Direktorat P2TK terkait, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan setiap triwulan melalui online: ptkdikmen.kemdiknas.go.id/kemdikbud-klienkeu
  • Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan, Kementerian Keuangan. PMK pada bulan Agustus untuk laporan semester I (tri wulan 1 dan 2) dan pada bulan April tahun anggaran berikutnya untuk semester II (tri wulan 3 dan 4).
Menurut SKTP, Bendahara Pengeluaran/ Pelaksana Kegiatan yang ditunjuk menyiapkan berkas SPP untuk diajukan ke Pengguna Anggaran (PA)/Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) yang ditunjuk. PA/KPA yang ditunjuk menelaah dan menerbitkan Surat Perintah Membayar (SPM) dan mengirimkan ke Bendahara Umum Daerah (BUD) atau Kuasa Bendahara Umum Daerah (KBUD).

BUD/KBUD menelaah usulan SPM dan menerbitkan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D). Selanjutnya BUD/KBUD yang ditunjuk mengambil dana tunjangan profesi yang ditransfer oleh Kementerian Keuangan melalui rekening kas umum daerah yang disimpan pada bank yang ditunjuk.

Berdasarkan rekening kas umum daerah melalui bank yang ditunjuk mentransfer dana tunjangan profesi kepada rekening masing-masing guru. Apabila terjadi kesalahan data antara lain penulisan nama dan nomor rekening yang menyebabkan tunjangan profesi guru tidak dapat disalurkan oleh bank yang ditunjuk maka akan terjadi retur.

Tunjangan profesi disalurkan kepada rekening guru yang memenuhi persyaratan antara tanggal 9 - 16 setiap triwulan
  • untuk triwulan I, tanggal 9 – 16 April 2013, 
  • untuk triwulan II, tanggal 9 – 16 Juli 2013, 
  • untuk triwulan III, tanggal 9 – 16 Oktober 2013, 
  • dan untuk triwulan IV, tanggal 9 – 16 Desember 2013.
Mekanisme penyaluran tunjangan guru sertifikasi ini bisa dipelajari di Petunjuk Teknis Pembayaran Tunjangan Profesi Guru.
survei terbukti membayar
Mekanisme Pembayaran Tunjangan Profesi Guru 2013 | Fajar Nihlaistigh Farini | 4.3

3 comments:

  1. Saya Suratman , guru dan juga kepala SMP Triguna Jakarta Selatan , mengajar IPA 24 jam sesuai sertifikat mengajar dan 4 jam mengajar Biologi di SMA Triguna , mengapa SK tunjangan profesi saya belum ada , dengan demikian transfer dana di BNI 46 juga belum ada , mohon saya dibantu , terima kasih ( HP. 0818144035)



    ReplyDelete
  2. Saya As'ad, NUPTK 8447-7376-3820-0022 bertugas sebagai Pengawas SMP di Dinas pendidikan kab. Padang Pariaman Prov. Sumatera Barat. Sampai hari ini belum terima tunjangan sertifikasi. Nomor rek BRI saya yang tertera di SK dirjen telah diganti dengan no baru karena hilang. Saya telah laporkan baik ke GEDUNG C lantai 14 maupun melalui petugas di Kabupaten. Mengingat sekarang telah 13 Desember, apakah yg harus saya lakukan untuk dapat memperoleh Dana tunjangan tersebut? Terima kasih.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan komentar yang baik,
Setelah komentar, klik Notify me, biar ada pemberitahuan jika ada balasan.