Mau Bikin Pewawancara Terkesan? Ini Resepnya


JAKARTA - Wawancara kerja tidak hanya dimaksudkan untuk menilai kemampuan Anda tapi juga untuk menilai kepribadian Anda. Oleh karena itu, sebelum melakukan wawancara kerja, pastikan Anda telah mempersiapkan diri dengan baik.

Pertimbangan apakah Anda akan diterima dalam pekerjaan tersebut, tergantung pada kesan yang Anda tinggalkan saat wawancara. Nah, ada lho lima resep jitu untuk memberikan kesan yang baik saat wawancara kerja, seperti dikutip dari Careerealism, Minggu (9/6/2013).

Berpakaian yang sopan
Jenis pakaian dikenakan berbicara banyak tentang pribadi Anda. Maka, penilaian pertama yang akan dilakukan oleh pewawancara adalah berdasarkan busana yang Anda kenakan. Gunakan pakaian yang bersih dan sopan.

Tiba tepat waktu
Tibalah tepat waktu sesuai janji temu dengan wawancara. Bahkan bila perlu datanglah 20 menit sebelum waktu yang dijadwalkan. Dengan tiba sebelum janji temu, akan memberi Anda cukup waktu untuk mengatur diri dengan baik. Menjadi tepat waktu saat wawancara juga menunjukkan keseriusan dengan pekerjaan yang ditawarkan serta dapat diandalkan.

Percaya diri
Percaya diri juga merupakan salah satu faktor yang paling menentukan dalam sebuah wawancara. Tidak ada yang ingin merekrut orang pemalu atau tidak percaya diri untuk sebuah pekerjaan serius. Selama proses wawancara, cukup hanya menjadi diri sendiri dan memberikan jawaban yang relevan dengan pertanyaan yang diajukan. Pertahankan kontak mata dan postur tubuh yang baik ketika berbicara dengan pewawancara.

Setiap kali mendapat pertanyaan, berikan jawaban yang  benar. Jika tidak yakin tentang hal itu, Anda harus jujur. Namun, jangan sampai Anda terlalu percaya diri dan menjadi berlebihan.

Ajukan pertanyaan yang pintar
Dalam kebanyakan kasus, Anda akan mendapat kesempatan untuk mengajukan beberapa pertanyaan kepada pewawancara di akhir wawancara. Jika diberi kesempatan, ajukan pertanyaan yang cerdas dan relevan sehingga dapat menunjukkan minat yang mendalam Anda pada perusahaan atau organisasi. Beberapa pertanyaan terbaik yang bisa Anda ajukan, seperti :
- Apa yang Anda harapkan saya lakukan untuk membantu perusahaan Anda mencapai tujuan?
- Apa tantangan yang akan saya hadapi dalam pekerjaan jika dipekerjakan?

Berhati-hatilah untuk tidak mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan gaji karena dapat menunjukkan Anda sebagai pribadi yang serakah.

Berikan apresiasi

Ketika wawancara berakhir, jangan lupa ucapkan terima kasih kepada pewawancara. Tununjukkan kesopanan dengan menjabat tangan sambil mengucapkan terima kasih.
(mrg) sumber : okezone.com