Asyik, Lulusan S1 Mau ke S2 Gratis


JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh berencana menggratiskan mahasiswa Strata 1 (S1) yang berprestasi di seluruh Indonesia guna memperbanyak intelektual bergelar sarjana Strata 2 (S2).

"Pemberlakuan program gratis ini berlaku bagi mahasiswa yang menekuni fakultas teknik, sains, MIPA, dan agrikultur pertanian, karena memang bidang-bidang itulah yang sangat dibutuhkan," kata dia, seperti dikutip dari laman resmi Setkab, Minggu (28/7/2013).

Nuh melanjutkan, mahasiswa yang ada di fakultas teknik, sains, MIPA, dan agrikultur pertanian. Fakultas ini akan digenjot, bahkan digratiskan untuk program S2-nya.

Hal tersebut disampaikannya ketika meresmikan kampus Institut Teknologi Bandung baru di Jatinangor, Sumedang Jawa Barat, Nuh menilai, kampus ini sudah sangat dinanti oleh masyarakat luas. Dengan diperluasnya kampus ITB, menurut Nuh, kesempatan masyarakat mengenyam pendidikan tinggi semakin besar.

"Kehadiran ITB Jatinangor ini diharapkan bisa menggeser paradigma dari kecil berkualitas menjadi besar berkualitas,” ujar Mendikbud sembari berharap ITB memperbesar kuota mahasiswa baru. (ade)
Sumber : okezone.com