Jadwal Pelaksanaan PLPG Sertifikasi Guru 2013


Jadwal Pelaksanaan PLPG Sertifikasi Guru 2013 - Informasi untuk sahabat Pusat informasi, bahwa Proses seleksi peserta Sertifikasi Guru tahun 2013 telah diumumkan secara resmi hasilnya di website Informasi Sertifikasi Guru. Perlu diketahui, bahwa salah satu pola Sertifikasi Guru 2013 adalah melalui jalur Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Pendidikan dan Latihan Profesi Guru atau sering disingkat dengan PLPG 2013 rencananya dijadwalkan akan dimulai pada bulan Agustus 2013 ini. Jadwal PLPG 2013 masing-masing Kabupaten/Kota berbeda-beda sesuai jadwal yang ditetapkan oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Pendidikan (LPTK) yang ada di rayonnya.

Bagi guru yang akan mengikuti PLPG 2013, setidaknya harus memenuhi tiga syarat supaya bisa masuk menjadi peserta Sertifikasi Guru 2013 melalui jalur PLPG, yaitu; 
  1. Usia guru di bawah 60 tahun, 
  2. Sudah menjadi guru pada saat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, dan 
  3. Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV). Kuota Sertifikasi Guru 2013 sekitar 350 ribu peserta, mereka akan mengikuti PLPG kurang lebih selama 90 jam atau 9 hari.

Bahwa sebelum dilakukan penentuan peserta Sertifikasi Guru 2013 akan digelar Uji Kompetensi Guru (UKG) bagi guru yang belum memiliki sertifikat pendidik, tetapi hasil nilai UKG ini tidak berpengaruh pada penetapan peserta Sertifikasi Guru 2013. Peserta UKG 2013 pun juga tidak bisa melihat nilai dari ujian yang telah dilaksanakan secara online serentak di seluruh Indonesia pada bulan Juni 2013.

Program Sertifikasi Guru melalui jalur PLPG sendiri akan berakhir pada tahun 2015. Selain melalui jalur PLPG, untuk mendapatkan sertifikat pendidik juga dapat melalui Pendidikan Pelatihan Guru (PPG). PPG dilaksanakan selama 2 semester di universitas yang menyelenggarakan program PPG. Bagi guru yang sudah sertifikasi berhak mendapatkan Tunjangan Profesi Pendidik (TPP) sebesar satu kali gaji pokok untuk guru PNS dan Rp. 1,5 juta untuk guru Non PNS.
survei terbukti membayar
Jadwal Pelaksanaan PLPG Sertifikasi Guru 2013 | Fajar Nihlaistigh Farini | 4.3

19 comments:

  1. UKG hanya Kamuflase....
    Tidak ada pengaruhnya thdp calon peserta PLPG.
    Guru di Indonesia belum bisa dikatakan Profesional, Melainkan hanya penghargaan semata, krn masa kerja, tanpa merubah Kualitas Pendidikan sedikitpun

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti saat plpg baru ketahuan berapa nilai uka kemaren dan nilai tambahan buat syarat lulus PLPG

      Delete
    2. jangan disamaratakan, diakui ada yang seperti itu , tetapi tidak semua mohon jangan dipukul rata. jadilah komentator yang profesional.

      Delete
  2. .sipp Pak , , , suara diterima, semoga masukkan segera dibaca atasan , , ,

    ReplyDelete
  3. Bgmana dgn guru yg sdng mnjalani tugas belajar (biaya sndiri) dmana seluruh tunjangannya telah dhentikan sementara sampai tugas belajarnya selesai, tetapi tahun 2013 ini telah LULUS UKG 2013, apakh boleh mengikuti PLPG 2013? sekedar PLPG (bukan untuk brmaksud menerima tunjangan)?

    ReplyDelete
  4. Web Informasi, Peserta,Jadwal,PLPG, dan Materi Sertifikasi Guru 2013
    http://sertifikasiguru.net

    ReplyDelete
  5. saya sempat kecewa saat tau ternyata UKG online tidak berpengaruh apa2 terhadap hasil penentuan PLPG, yang lebih mengecewakan lagi bagi guru2 yang belum memenuhi syarat dianggap bodoh krn tidak lulus UKG online.klo memang hasilnya tidak berpengaruh knp tidak guru yg memenuhi syarat saja yg UKG online shg dpt dijadikan penentuan urutan keberangkatab PLPG.paling tdk ada manfaat dr UKG online tsb.makanya bbrp guru senior yg pegang mouse sj tdk lncar ttp dlm wkt 15 mnt sdh selesai. semoga persyaratan yg akan datang lbh diperhitungkan manfaatnya.

    ReplyDelete
  6. tanggal berpa mbak PLPG nya yg di laksanakan di Universitas Bengkulu?
    respont ya mbak fast sngat di butuhkan

    ReplyDelete
  7. Saya putri dr seorg pengajar. Sedih skli meliht bpk thun lalu gagal plpg. Smpe kdg beliau sering bengong, krn dr 14 guru olhrga bpkq satu2ny yg tdk lulus. Tahun ini diusia 53th beliau dpt ksmptn ikut ujian lg. Saya minta doa dr rekan2 smua. Bkn materi semata yg dikejar, tp ini smua unk mengobati mental yg down kmaren. Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan bersedih! Ini hanya pelaksanaan dari UU yang main-main doang, yang memang sengaja akan menindas yang bukan sarjana.

      Delete
  8. jangan emosi kalo gak lulus uka ??? karna anda belum memenuhi syarat untuk mendapatkan tunjangan sertifikasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. gaya mu ngomong..syarat apalagi yg harus di penuhi untuk guru 48 thun keatas..giginya ajapun tinggl 4..

      Delete
    2. tahu nggak lu... uu guru dan dosen adalah uu yang sangat tidak adil, sangat berpihak. menindas yang lain. bukankah itu membuat kasta???? UUD '45 dan PANCASILA apakah mengenal KASTA??? Apakag jaminan sarjana lebih hebat dari yang tidak sarjana?? Lihat di lapangan, banyak yang sarjana-sarjanaan. Maaf bukan saya mendikotomi.

      Delete
  9. Tdk bs dipungkiri memang kondisi dilpgn demikian adanya, tp setidaknya mr kita benahi bersama, krn bkn slh mrk tdk profesional tp sistem yg gak jelas menjadi faktor utama

    ReplyDelete
  10. ah loba omong maneh

    ReplyDelete
    Replies
    1. qta hanya bisa mengikuti apa yang sdh ditetapkan di indonesia, krn inilah indonesia, mutu lulusan sarjana indonesia memang beragam. IQ jongkok pun, bs lulus sarjana,.... hanyalah kertas yang dinilai, bukan potensinya

      Delete
  11. sertifikasi emang gak ada gunanya hanya membodohi guru aja sehingga gurupun hanya mengejar uangnya saja tetapi tidak tahu apa makna sertifikasi itu sendiri dan pemerintahpun merasa bangga bisa membodohi guru itu sendiri karena sudah disuap dengan uang sertifikasi

    ReplyDelete
  12. yang buat peraturan bodoh gurunyapun bodoh

    ReplyDelete
  13. Tong ganeng kumaha brehna we ath barudak......menika sararewot pisan euy !!!

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan komentar yang baik,
Setelah komentar, klik Notify me, biar ada pemberitahuan jika ada balasan.