Cara Back Up Dan Memindahkan Database Dapodik 2013 (Disertai Gambar)

Assalamu'alaikum, pada kesempatan kali ini ada sedikit Cara Back Up Dan Memindahkan Database Dapodik 2013 (Disertai Gambar) Sebelum memback-up data Dapodikdas 2013 yang telah kita isi artinya adalah menyelamatkan atau menyimpan data dengan cara meng-copy folder dataweb dan database yang tersimpan di C→program file→Dapodikdas→dataweb dan database, Sebelum kedua data tersebut kita copy maka terlebih dahulu kita berhentikan sistem operasi local servicenya dengan cara : 

1. Klik Start kemudian ketikkan Service pada kolom pencarian. Klik View Local Services
2. Maka akan muncul jendela Local services, pastikan untuk services DapodikdasDB dan Dapodikdas WebSrv tidak sedang berjalan (proses) hal ini ditandai dengan status Started. Jika kedua service tersebut masih dalam keadaan berjalan, maka anda harus memberhentikannya dengan cara klik kanan salah satu service dapodik tersebut, kemudian klik Stop. Lakukan hal tersebut pada kedua service DapodikdasDB dan Dapodikdas WebSrv.


3. Jika statusnya sudah tidak Started, selanjutnya adapalah meng-copy 2 folder ( database & dataweb) di C: --- Program Files ---Dapodikdas
 

Setelah kedua folder tersebut aman maka kita bisa pindahkan datanya ke laptop/PC lain yang telah diinstall aplikasi Dapodikdas 2013, dengan langkah-langkah yang lebih kurang sama
  1. Start→ketik service pada kolom search→ local service→berhentikan dulu kerja DapodikdasDB dan Dapodikdas WebSrv dengan cara klik kanan dan pilih stop.
  2. Copy kan database dan dataweb yang kita simpan tadi dan paste di komputer/laptop yang lain di C→program file→Dapodikdas→
  3. database dan dataweb yang ada ditempat tersebut dihapus saja, lalu pastekan database dan dataweb yang kita simpan tadi.
  4. Restart laptop/PC anda dan buka aplikasi Dapodikdas maka datanya sudah terbarukan sesuai dengan data yang kita back-up.
  5. Atau klik Start→ketik service pada kolom search→ local service→klik kanan pada item DapodikdasDB dan Dapodikdas WebSrv lalu pilih start (lakukan satu persatu)
Hal ini dapat kita lakukan pada saat kita ingin memindahkan data ke laptop/PC lain, atau saat kita akan menginstall ulang laptop/PC kita agar data yang telah kita buat tidak hilang dan dapat kita kembalikan lagi seperti sedia kala. Bagi laptop yang diinstal ulang maka install kembali aplikasi Dapodikdas 2013 lalu lakukan registrasi seperti biasa, setelah itu baru lakukan hal seperti diatas, yakni memberhetikan terlebih dahulu sistem kerja DapodikdasDB dan Dapodikdas WebSrv setelah itu kembalikan database dan dataweb yang kita simpan tadi ditempat seharusnya yakni : di C→program file→Dapodikdas (pastikan keduanya [database dan dataweb] berada dalam folder Dapodikdas).

Note : Untuk rekan-rekan menggunakan windows 8 caranya sama, tapi untuk pengguna windows xp mohon maaf karena belum pernah di coba, intinya adalah kita simpan database dan dataweb yang diawali dengan memberhentikan terlebih dahulu sistem operasinya.

Demikian sedikit dari kami, semoga dapat membantu
survei terbukti membayar
Cara Back Up Dan Memindahkan Database Dapodik 2013 (Disertai Gambar) | Nyoma Noka Rifa'i | 4.3

22 comments:

  1. mantab bgt infonya.
    jadi lebih terasa nyaman dan aman ketika bekerja sekarang
    tengkyu

    ReplyDelete
  2. trims infonya, tapi sayang awalnya saya tidak tahu bagaimana membackup dapodik sehingga main copas seperti biasa, kasusnya dapodik yang saya pakai selalu expired jadi saya putuskan untuk uninstal dapodik yang datanya sudah lengkap, sehingga saya harus mulai dari awal lagi input datanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. .hehe... gpp Om, chemungudh eyhaa... ckckck

      Delete
  3. Replies
    1. .makasih Om, knjungan balik dinantikan . . .

      Delete
  4. masalah muncul jika data yg di back up dari os yg beda.misal dari win 7 ke win 8.Dapodikdas Web Srv tidak bisa di start kembali.akibatnya aplikasi gagal dibuka

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pak, OS harus sama

      terima kasih

      Delete
    2. mas os punyaku sama tapi tetep nda bisa kenapa ya, mohon bantuannya

      Delete
  5. maaf pak, saya mau tanya. awal nya saya pakai versi 2.0.3 kemudian pemerintah mengeluarkan versi 2.0.4. apakah setelah saya install 2.04. data yang pernah sy input di 2.0.3 akan hilang? bagaimana cara menyelamatkan data di 2.0.3? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak, data anda tetap anda, , , versi 2.0.4 itu hanya merombak strukturnya saja, tidak menggantikan versi sbelumnya, , , dan itu adalah sebuah Patch, bukan aplikasi,,,

      Delete
  6. Makasih infonya. Walaupun data saya sebelumnya pernah hilang sekali. Mudah-mudahan ini bisa dijadikan alternatif utk back up restore sprti aplikasi di tahun sebelumnya. Dan semoga data saya tidak akan hilang lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Pak, terima kasih telah berkenan mampir ke Blog kami, , ,

      Delete
  7. ku instal pat 204 dapodiknya bisa login tp blank putih ... cmd exe tidak berjalan sempurna waktu instal patct..... apa penyebabnya pak?
    data saya backup....

    ReplyDelete
  8. setelah saya instal pack 2.0.4 aplikasi saya tidak dapat dibuka dan ada pemberitahuan data tidak ditemukan
    gimana solusinya pak???

    ReplyDelete
  9. pak saya salah seorang operator sekolah, setelah saya berpindah ke patch 2.0.4 dari patch 2.0.3, kenapa saya tidak menyimpan data JJM pak. tolong solusinya.

    ReplyDelete
  10. pak,sy mw bertanya" sy sudah menginstal versi 2.0.4. tapi setelah sy buka kembali dan masukkan usernamenya, malah terus yang muncul please wait,setlah menginstal pak...
    trus muncul dgn Periode :Genap Nn. kenapa bs seperti itu yeah pak...
    trimakasih pak..
    atau teman-teman OP yang lain kasih masukan donk...
    trimkasih x lagi

    ReplyDelete
  11. Mas?? sudah pernah buat begini sebelumnya. maksud saya membackupnya??
    kalo membackupnya ok saja. pasti bisa kita kopi...!

    TAPI SEWAKTU DIRESTORE KEKOMPUTER LAIN ATAU KELAPTOP ITU SENDIRI... APA SUDAH PERNAH MAS COBA? DAN BERHASIL 100% DATA TIDAK BERMASALAH DAN DAPAT TAMPIL SEPERTI BIASA...??

    MAAF KALAU PERTANNYAAN SAYA AGAK ANEH.. :) THANKS....

    ReplyDelete
  12. Apakah di PC yang kedua tidak perlu pakai prefill lagi?...Trm Ksh

    ReplyDelete
  13. mohon bantuannya: bagaimana cara mengatasi periode tertulis -NaN?
    di services/DapodikdasDB tidak bisa di start (status stoped). mohon solusinya

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan komentar yang baik,
Setelah komentar, klik Notify me, biar ada pemberitahuan jika ada balasan.