Cara Mengembalikan Data Siswa Dan Guru Yang Sudah Terhapus Dari Tabel Utama


Secara sengaja atau pun tidak sengaja, kadang operator dapodik menghapus data Peserta Didik atau data PTK, hal ini tentu sangat mengejutkan, bingung, atau apalah namanya. :-) 

Jika hal itu terjadi, maka Anda tidak perlu khawatir, bahkan ada sebagian operator dapodik yang menginstall ulang aplikasinya. Hal ini tentu akan melelahkan karena anda harus mengentrynya lagi. Untuk itu admin ingin berbagi bagaimana Cara Mengembalikan Data Siswa Dan Guru Yang Sudah Terhapus Dari Tabel Utama. Simak langkah-langkahnya Berikut ini untuk mengembalikan (restore) data yang terhapus.

1. Buka Command Prompt. Klik Start > All Programs > Accesories > Command Prompt. atau ketikkan CMD pada bagian "search" (Klika Start > Ketik cmd > enter

2. Ketik cd c:/program files/dapodikdas/pgsql/bin lalu tekan Enter.

3. Ketik psql -U postgres -d pendataan psql lalu tekan Enter.

4. Jika ingin mengembalikan data Peserta Didik yang terhapus maka ketik UPDATE peserta_didik SET soft_delete = 0; atau Jika data PTK yang terhapus maka ketik UPDATE ptk SET soft_delete = 0; kemudian tekan lalu Enter.


5. Jika proses di atas berhasil, maka akan keluar tulisan UPDATE dengan diikuti angka yang menunjukkan jumlah Peserta Didik atau PTK sebelum terhapus.

6. Buka Aplikasi Dapodikdas kemudian refresh aplikasi (tekan F5).

Demikian informasi Cara Mengembalikan Data Siswa Dan Guru Yang Sudah Terhapus Dari Tabel Utama yang dapat admin sampaikan, semoga membantu. Amiin