Data PTK Sudah Valid, Tapi Tidak Bisa Diklik SKTP / SKTF Guru


Saat cek lembar info PTK, beberapa guru yang sudah bersertifikat pendidik mungkin sudah bisa merasakan kegembiraan karena datanya valid atau tidak ada masalah sama sekali pada bagian “Catatan Masalah untuk tunjangan profesi” yang bisa menyebabkan tidak terbitnya SK Tunjangan.

Karena dirasa datanya sudah sesuai atau valid, lembar info PTK pun dicetak. Tetapi, tidak banyak juga yang saat kembali cek pada lembar info PTK 2014, pada bagian Tunjangan Profesinya tidak bisa diklik, hingga akhirnya pada tahap penerbitan SKTP gagal, dan SKTP-nya tidak terbit. Ternyata hal ini dikarenakan data update kembali diambil dari SYNC berhasil sebelum aplikasi BSD diluncurkan.

Data PTK Sudah Valid, Tapi Tidak Bisa Diklik SKTP / SKTF Guru, Cek SKTF, Cek SKTP Guru, masalah dapodik, masalah info p2tk dikdas
Data PTK Sudah Valid, Tapi Tidak Bisa Diklik SKTP / SKTF Guru



Data-data yang sudah valid versi BSD kembali ke SYNC menjadi tidak valid, untuk PTK yang sudah dapat diklik pada bagian “Tunjangan Profesi” begitu juga pada “Tunjangan Fungsional” itu semua ternyata tidak berpengaruh sama sekali (tampilan tetap seperti semula, nomor dan tanggal penerbitan SK tetap ada), dan SKTP cetak-nya bisa diambil di Disdik Kabupaten.

Kemudian, bagaimana dengan PTK yang datanya sudah valid, tapi pada bagian “Tunjangan Profesi” belum aktif, serta SKTP-nya juga belum terbit?

Beberapa PTK bersertifikasi yang sebelumnya valid, saat ini beberapa bagian datanya kembali tidak valid dengan catatan masalah sehubungan dengan penerbitan SK Tunjangan profesi:

1.   Tidak ada sekolah Induk

2.   Belum mengisi JJM semester 2 (genap)

3.   Murid Belum Terdaftar di Rombel

4.   Belum mengisi JJM Semester Genap

Untuk mengatasi hal itu, segeralah lakukan sinkronisasi ke patch v 2.0.7 dengan memperhatikan hal-hal yang memang perlu diperhatikan. Insya Allah dengan ketelitian, kesabaran, dan kerukunan bersama semua tunjangan akan tersampaikan dengan lancar.

Demikian Data PTK Sudah Valid, Tapi Tidak Bisa Diklik SKTP / SKTF Guru sedikit yang dapat saya sampaikan, semoga ada manfaatnya. Amiin