Pelaksanaan PLPG Tahun 2013 Berdasarkan Prodi yang Dimiliki Rayon LPTK

Assalamu'alaikum Sahabat Pusat Informasi tercinta, Alhamdulillah kita masih diberi kesehatan kelancaran oleh Allah SWT dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Pada kesempatan kali ini kami akan menyampaikan mengenaiPelaksanaan PLPG Tahun 2013 Berdasarkan Prodi yang Dimiliki Rayon LPTK
Seperti pada tahun 2012 lalu, ada beberapa peserta guru dengan bidang studi sertifikasi tertentu yang mengikuti PLPG di Rayon LPTK di wilayah lain yang menyediakan Program Studi sesuai dengan mata pelajaran diampunya, contohnya : guru TIK, guru SLB, guru program keahlian SMK, guru Bahasa Asing, dll dari Lampung, Sumatera Utara, Aceh bahkan dari Kalimantan diharuskan mengikuti sertifikasi PLPG di Universitas Negeri Jakarta. Atau contoh lain peserta dari Aceh, Bangka Belitung, Kepulauan Riau dapat mengikuti PLPG di Universitas Negeri Padang Sumatera Barat.

Berpedoman pada Buku Rambu-Rambu Pelaksanaan PLPG, bahwa LPTK melakukan PLPG sesuai dengan program studi (prodi) yang dimilikinya dan ketersediaan asesor/instrukturnya. Hal ini berakibat guru peserta di suatu rayon LPTK penyelenggara sertifikasi guru mungkin akan ditempatkan di LPTK di rayon lain bila ternyata mapel/bidang studi guru tidak sesuai dengan prodi LPTK di rayon asalnya. Lokasi PLPG ditentukan oleh KSG, bukan oleh LPTK.

Sebenarnya anda dapat mencoba mengecek lokasi tempat PLPG di sergur.kemdiknas.go.id, dengan cara memasukkan NUPTK pada daftar calon peserta sertifikasi, maka seperti contoh hasil pengecekan terhadap salah satu peserta dari Lampung Timur yang akan mengikuti PLPG di Universitas Negeri Jakarta seperti di bawah ini...



Memang begitulah konsekuensi bagi guru peserta sertifikasi, dimanapun  tempat pelaksanaan sertifikasi maka harus dijalaninya demi mendapatkan selembar sertifikat pendidik.  Namun, jangan pesimis, percayalah anda akan merasakan nuansa yang berbeda, anda akan merasa senang dapat bertemu rekan-rekan dari daerah lain, dan anda juga akan merasa bangga jika dapat menyelesaikan dan berhasil lulus PLPG di tempat yang lebih jauh. Amin.

Demikianlah, semoga bermanfaat, mohon maaf jika ada kekurangan, terimakasih.
Sumber : rodajaman