Cara Cepat Cek Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)


Assalamu'alaikum Sahabat Pusat Informasi tercinta, Alhamdulillah kita masih diberi kesehatan kelancaran oleh Allah SWT dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Pada kesempatan kali ini kami akan menyampaikan mengenai Cara Cepat Cek Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).

Setelah pihak sekolah mengajukan NISN ke pusat, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengecekan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) secara online di website resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Cara untuk melihat NISN per siswa bisa dilihat di website resmi Pusat Layanan NISN di http://nisn.data.kemdiknas.go.id.

Adapun untuk melakukan pengecekan NISN yang diajukan secara kolektif per sekolah bisa dilihat di website Sistem Informasi Peserta Didik di alamat http://refpd.data.kemdikbud.go.id. Adapun data tersebut diperoleh dari pengajuan penomoran NISN  yang telah tervalidasi dengan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).

Berikut ini cara melihat / mengecek NISN Secara Online :

1. Kunjungi http://refpd.data.kemdikbud.go.id atau Klik Di Sini
2. Kemudian klik menu Data Pengajuan
3. Pilih atau klik Provinsi dan tunggu sebentar
4. Pilih atau klik Kabupaten dan tunggu sebentar
5. Pilih atau klik Sekolah untuk melihat data NISN siswa
6. Terakhir, maka akan muncul data sekolah dan NISN siswa

Sebenarnya ada cara lain selain di atas, juga bisa dengan memasukkan NPSN Sekolah pada kolom Pencarian by NPSN yang ada di pojok kanan atas halaman website.

Perlu diketahui, bahwa NISN adalah nomor atau kode pengenal identitas siswa/i yang sifatnya unik atau tidak mungkin sama, sesuai standar dan berlaku sepanjang masa. NISN sendiri merupakan pengenal yang membedakan antara satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah se-Indonesia.

Dalam penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa pada NISN itu berdasarkan pada pengajuan atau masukan (entry) sumber data siswa yang telah divalidasi dan diverifikasi oleh setiap sekolah dan atau Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten secara online.

Demikian Informasi yang dapat kami sampaikan, semoga membantu anda semua, salam Pusat Informasi