Tanpa Formasi, Seluruh K2 Akan Diangkat dengan Syarat


Formasi CPNS yang saat ini dirilis di setiap daerah melalui pusat terbuka untuk jalur umum. Bahkan, pegawai honorer kategori dua (K2) juga boleh melalui jalur umum ini asal sesuai formasi dan kebutuhan.

Namun khusus untuk jalur K2, pemerintah memberikan fasilitas khusus. Para GTT dan PTT di instansi pemerintah ini berhak diangkat menjadi CPNS tahun ini bersama jalur umum.

Kepala BKD Kota Mojokerto Novi Rahardjo menyampaikan bahwa khusus K2 semuanya akan diangkat menjadi CPNS, namun harus melalui tes. Tahun ini, tes khusus K2 ini dimulai. "Tesnya digelar bersamaan dengan tes halur umum pada 3 Novmber 2013. Semua K2 boleh tes," kata Novi.

Untuk tes CPNS bagi K2 tahun ini tak berlaku formasi. Mereka yang sudah tercatat sebagai honorer di instansi pemerintah mulai 2005 akan diikutkan tes semua. Pemerintah akan menyeleksi para K2 ini untuk bisa diangkat menjadi CPNS.

"Materi tes hampir sama dengan jalur umum. Namun kadar kesulitannya agak lebih mudah jalur K2. Maklum, sudah bertahun-tahun tak pegang buku," kata Novi.

Bahkan, seluruh K2 juga tak perlu susah-susah mendaftar dan menyerahkan berkas seperti jalur umum. Mereka pada K2 cukup pendataan di sekolah masing-masing. Selanjutnya, mereka cukup menunggu panggilan dan pengumuman sebagai peserta tes CPNS. BKD akan memanggil

Di Kota Mojokerto, jumlah K2 sebanyak 236 orang. Ratusan K2 akan bersaing untuk menjadi yang terbaik mengisi kursi CPNS. "Berapa yang dibutuhkan, sejauh ini pusat memberi isyarat tak ada jumlah atau formasi pasti. Pusat menerapkan passing grade (ambang lulus). Bisa saja diambil beberapa bisa juga diambil semua asal nilai tes melampaui passing grade," kata Novi.