Penyebab SK Tunjangan Fungsional 2013 Belum keluar


Tidak munculnya SK tunjangan fungsional bagi guru yang sudah layak untuk mendapatkan Dana pemerintah yang setiap semester ini ternyata dikarenakan beberapa sebab. Menurut yang disampaikan oleh Direktur P2TK Dikdas, Sumarna Surapranata, Ph.D. penyebab tidak keluarnya SK Tunjangan Fungsional 2013 ini adalah termasuk dalam 7 sebab : 

  1. Jam linier kurang. Yang dimaksud linier yaitu sertifikasi guru sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan dalam rombel.
  2. Rombel tidak normal. Kondisi tidak normal terjadi ketika JJM per rombel melebihi aturan KTSP tentang jumlah jam mengajar.
  3. Data kelulusan tidak ditemukan. Maksudnya, data kelulusan sertifikasi tidak valid.
  4. Status Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) tidak ditemukan.
  5. Sudah memasuki masa pensiun.
  6. Isian data tidak lengkap baik pada golongan dan masa kerja untuk PNS maupun data rekening bank (nomor akun, nama bank, cabang).
  7. Guru yang bersangkutan tidak diusulkan Suku Dinas/Dinas karena sesuatu hal.
Berikut tadi merupakan sebab musabab SK Tunjangan Fungsional 2013 belum cetak, Guru yang seharusnya menerima transfer dana tersebut sementara harus menunggu untuk beberapa waktu sampai pihak P2TK menyelesaiakan masalah ini. Namun demikian hal ini juga harus menjadi perhatian Instansi pendidikan untuk selalu kongrit dan profesional dalam mengajukan Guru untuk mendapatkan Tunjangan Fungsional.