Proses Prosedur Cara Pengajuan NUPTK 2013 - Mulai Dibuka Lagi Juni 2013

NUPTK adalah adalah nomor identitas yang bersifat nasional untuk seluruh Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK). NUPTK diberikan kepada seluruh PTK baik PNS maupun Non-PNS, dan baik dibawah binaan Kemdikbud maupun Kemenag. NUPTK berhak dimiliki oleh PTK yang meliputi: Guru, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Kepala TU, Staf TU, Laboran, Pustakawan, Penjaga/Pesuruh, dan Pengawas Sekolah yang memenuhi persyaratan.
 
Juni mendatang, pengajuan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) baru akan diaktifkan lagi. Surat Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penejaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP) Kemdikbud, dengan nomor: 5168/J1/LL/2013 memberitahukan kepada LPMP seluruh Indonesia bahwa layanan pemberian NUPTK baru kembali diaktifkan. 


Untuk melayani kebutuhan NUPTK sebagai syarat administratif untuk program-program peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan BPSDMPK-PMP meminta LPMP untuk menugaskan seorang untuk menjadi administrator SIMNUPTK yang bertanggung jawab di LPMP dan seorang operator SIMNUPTK yang bertanggung jawab yang bertanggung jawab di Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat.

Cara Pengajuan NUPTK Baru
Untuk mendapatkan NUPTK baru, pihak sekolah atau PTK sendiri melakukan proses pengajuan data yang secara online melalui kantor Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat. Data pengajuan NUPTK dinyatakan valid setelah berkas PTK (hard copy) diserahkan dan diterima Operator Pendataan NUPTK Dinas Pendidikan Kab/Kota.

Berkas yang harus dilengkapi untuk pengajuan NUPTK Baru:
1. Instrumen NUPTK (Download)
2. SK. Awal / SK Akhir (GTT/GTY, SK Yayasan/SK Bupati)
3. SK. Pembagian Tugas dari sekolah
4. Surat Keterangan Aktif Melaksanakan Tugas
5. Ijazah terakhir

Setelah berkas lengkap, kemudian dibawa ke Dinas Pendidikan Kab/Kota untuk diserahkan kepada Operator Pendataan NUPTK. Setiap daerah mungkin saja berbeda urutan atau berkas untuk pendaftran NUPTK baru. Itulah gambaran secara umum cara mendapatkan NUPTK baru, untuk lebih jelas bisa bertanya atau mencari informasi di Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat.
 
survei terbukti membayar
Proses Prosedur Cara Pengajuan NUPTK 2013 - Mulai Dibuka Lagi Juni 2013 | Fajar Nihlaistigh Farini | 4.3

24 comments:

  1. apakah perlu saya mengajukan NUPTK yang baru lagi??...karena saya sudah di ajukan ke dinas pendidikan kabupaten malang, sejak tahun 2010.tapi mulai saat tahun 2013 ini belum keluar..dan ini bagaimana solusinya??...dan saya guru TIK SMP AN-NUR BULULAWANG-MALANG BERIJAZAH S1 DAN BERSERTIFIKAT AKTA IV MENGAJAR.(ZAINUL FANANI, S.KOM)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau belum keluar, bapak coba ajukan lagi aja,
      kalau sudah ada pendataan lagi, dan NUPTK belum juga keluar berati pengajuan bapak yang dahulu tidak berhasil . . .

      Delete
  2. Saya mengajar di SD swasta sejak juli 2008, memiliki SK yayasan, sudah pernah mengajukan NUPTK sampai 2 atau 3x, pada tahun 2010 pengabdian saya terputus/cuti karena harus mengikuti suami pindah kota, pada tahun ajaran 2012 saya dipanggil kembali di sekolah yang sama karena masih mebutuhkan tenaga saya, sehingga saya mendapatkan SK Yayasan lagi tahun 2012, apakah tahun ini saya bisa mengajukan lagi dengan menggunakan SK yang dulu dan SK yang terakhir? Mohon bantuan penjelasannya. Trimakasih bnyak.

    ReplyDelete
  3. .bisa, karena yg dhitung masa kerja yg dbuktikan dg SK . . .

    ReplyDelete
  4. Trimakasih banyak mbak atas responnya,, sangat bermanfaat.. :)

    ReplyDelete
  5. sama-sama . ..knjungan balik kami nantikan . ..

    ReplyDelete
  6. Mbak, itu Instrumen NUPTK yang baru sy download koq form No.1 tidak ada? langsung No.2. Trmksh.

    ReplyDelete
  7. coba ibu download di sini :

    https://sites.google.com/site/pusatinformasibagianda/home/Instrumen_NUPTK_pengumumanbagianda.blogspot.com.xls

    ReplyDelete
  8. SY ud ajukan NUPTK berapa kali bahkan 5x ke dinaspendidikan LUWU TIMUR sjak tahun 2008 sampai skarang ngak keluar-keluar..bahkan scara kolektif,yg saya tanyakan apa ada cara lain yg bisa cpat kluar NUPTK-nya...

    ReplyDelete
  9. Ada cara Pengajuan NUPTK melalui Online :

    http://pengumumanbagianda.blogspot.com/2013/05/layanan-nuptk-online-terbaru-di-situs.html

    ReplyDelete
  10. Bagaimana kalau status nuptk masih dlm proses?
    Apa perlu mengajukan lg?

    ReplyDelete
  11. dtnggu smpai ada pmberitahuan lbih lnjut . . .

    ReplyDelete
  12. Apakah setelah kita mengajukan dan mengisi data secara online,NUPTK nya otomatis keluar atau masih harus nunggu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih menunggu, masih ada proses Verval, verivikasi dan Validasi , ,

      Delete
  13. bagaimana yang honorer GTT di sekolah negeri dan belum punya NUPTK, apakah boleh mengajukan untuk membuat NUPTK.

    ReplyDelete
    Replies
    1. .Tidak hanya boleh, tapi sangat dianjurkan seorang Guru mempunyai Nomor Unik Pendidik Atau Kependidikan atau bisa dsngkat NUPTK . . hehehe

      Delete
  14. kan sekarang kita harus punya akun g mana cara mendapatkan nomor akun (ID)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba bapak kunjungi link ini.
      http://pengumumanbagianda.blogspot.com/2013/06/cara-daftar-nuptk-baru-di-padamu-negeri.html

      Delete
  15. pak istri GTT di SDN di Kota Jombang, istri saya kan sudah ada NUPTK apa harus di update lg ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak perlu, cuma kalau Istri dan Anda pindah daerah, maka perlu untuk konfirmasikan ke Dinas pendidikan setempat, , , biasanya harus disesuaikan dengan SATMINKAL

      Delete
  16. di daerah saya TULUNGAGUNG JAWA TIMUR untuk pengurusan NUPTK baru ditarik biaya Rp. 300.000 dan itu terjadi pada saya pribadi dan beberapa rekan saya yg belum mendapatkan NUPTK tetapi hanya saya yang tidak menyerahkan uang pungutan karena saya sadar hal tersebut tidak perlu saya lakukan.jikalau ada ada yg bisa membantu saya melaporkan hal tersebut saya sangat berterima kasih.kebetulan saya bekerja sebagai guru di SDN 1 KARANGWARU TULUNGAGUNG.jikalau nanti ada seseorang yang rela membantu saya walupun itu sampai ke ranah HUKUM saya siap menghadirkan para saksi saksi terkait dalam masalah ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu perlu ditindaklanjuti Pak, , , msih ada aja pemerintah yg gitu2an . .

      Delete
  17. Apakah GTT di sekolah negeri tidak bisa mendapatkan NUPTK? Apakah pengajuan NUPTK untuk GTT di sekolah negeri harus menggunakan SK Walikota/bupati?
    mohon dengan sangat penjelasannya, trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung SK yng mengeluarkan , , , maaf saya kurang tahu kalau GTT sekolah Negeri itu SKnya siapa yg mngeluarkan, , ,

      Delete

Silahkan berkomentar dengan komentar yang baik,
Setelah komentar, klik Notify me, biar ada pemberitahuan jika ada balasan.